CARA MEMASANG DAN MENENTUKAN UKURAN AC

Cara memasang dan menentukan ukuran ac split ada beberapa tahapan.


1. Yang pertama kali adalah menentukan berapa luas tempat yang akan di dinginkan.

Kenapa ?
Karena kita ingin mencari ukuran ac split yang akan dipasang untuk mendinginkan ruangan tersebut dengan cara menghitung btu ruangan.


Setelah kita tau ukuran tempat yang akan di dinginkan, kita dapat menghitung berapa ukuran btu ac split yang kita butuhkan dengan rumus dibawah


(L x W x H x I x E) / 60 = KebutuhanBTU

L = Panjang Ruang (dalam feet)

W = Lebar Ruang (dalam feet)

I = Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah,
       atau berhimpit dengan ruang lain).
       Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).

H = Tinggi Ruang (dalam feet)

E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara;
       Nilai 17 jika menghadap timur;
       Nilai 18 jika menghadap selatan;
       Nilai 20 jika menghadap barat.

    » 1 Meter = 3,28 Feet «

Contoh :

Container Pj x Lb x Tg : 6m x 2.5m x 2.5m atau(20 kaki x 8 kaki x 8 kaki), tidak berinsulasi, dinding panjang menghadap ke timur. Kebutuhan BTU = (20 x 8 x 8 x 18 x 17) / 60 = 6.528 BTU alias cukup dengan AC ¾ PK. ( untuk ruangan kosong )

Bila ada isi bermacam - macam barang trus orang lalu lalang apalagi container terjemur matahari tanpa atap alangkah baiknya kita naikkan 1 step ukuran ac menjadi 1 pk, biar ac awet karena tidak kerja 100% ( untuk safety factor ).


BTU Ac dalam hitungan pk

AC ½ PK    =  ±  5.000 BTU/h
AC ¾ PK    =  ±  7.000 BTU/h
AC 1 PK     =  ±  9.000 BTU/h
AC 1½ PK  =  ±12.000 BTU/h
AC 2 PK     =  ±18.000 BTU/h

2. Mempunyai alat - alat dan ac split tentunya

Contoh :



- kunci - kunci, buat buka tutup naple pipa ac split.
- fler nut dan pemotong pipa, untuk membuat ujung pipa ac split mekar.
- manifolt, untuk mengisi freon dan mengukur tekanan freon pada outfreonac split.
- freon, buat refill tentunya.
- tang ampere, untuk mengukur arus ( ampere motor ) dari ac split yang kita pasang.


Setelah semuanya siap, kita anggap ac split sudah terpasang sempurna baik indoor, outdor, pipa ac/air pembuangan, kabel dan yang lainnya.



Pertama - tama, kita vacum ac split yang sudah terpasang, kenapa harus divacum?
Yaitu untuk membuang sisa udara yang berada dalam pipa - pipa ac split dan untuk mengecek terjadi kebocoran atau tidak.

caranya pasang selang berwarna biru ke pipa tekanan rendah / pipa ac split yang kecil. Pasang selang berwarna kuning ke mesin vacum, selanjutnya buka naple pipa kecil dengan kunci L dan nyalakan mesin vacum. Vacum ac split sampai menunjukkan ke angka - 30 psi, setelah sudah tercapai ukuran yang kita inginkan tutup kran yg berada di manifold ( seperti terlihat di foto ) bila ukuran berubah, berarti terjadi kebocoran pada sambungan pipa ac split tersebut. Cek dengan menggunakan kuas dan air sabun, biasanya kembang naple pecah atau mur masih blm kenceng. Kencangkan mur atau buat flereng baru sampai tidak terjadi kebocoran. Kalau sudah kita vacum ulang lagi dan kita masukkan freon.

Bagi yang tidak punya mesin vacum, pasang selang biru ke pipa kecil ac split. Kendorkan neple pipa ac split yang besar, pasang selang kuning ke tabung freon lalu buka baut L pada pipa kecil. Masukkan freon ke pipa sehingga udara sisa di dalam ac terdorong keluar oleh freon, jika sudah kencangkan naple pipa ac split yang besar. Masukkan freon sampai bertekanan 100 psi, jika sudah tutup setelan baut L pada pipa ac split yang kecil, jika tekanan turun berarti ada kebocoran. Periksa dengan cara seperti diatas. Setelah tidak terjadi kebocoran buang freon dalam ac, ingat jangan sampai habis. Sisakan 5 ~ 10 psi. Setelah kedua cara itu dilakukan saatnya kita hidupkan ac.

Setelah ac hidup, masih ada yang perlu kita lakukan. Yaitu mengisi freon sehingga sampai dengan ukuran tekanan yang kita inginkan dan mengecek ukuran ampere dari ac tersebut.


Cara mengisi freon tidak perlu saya jelaskan ya, saya anggap semua sudah bisa. Untuk ukuran tekanan freon berkisar antara 60 ~ 80 psi dan ukuran ampere sesuai dengan yang tertera dalam tabel ac yang dipasang, atau mengacu pada kebanyakan ukuran ampere ac standart bila tabel ac sudah hilang.

Untuk ac 1/2 pk 2,2 A
Untuk ac 3/4 pk 3,2 A
Untuk ac 1 pk 4,2 ~ 4,3 A
Untuk ac 1 1/2 pk 5,8 ~ 6 A
Untuk ac 2 pk 10 A

Bila ukuran tekanan freon berkisar 60 ~ 80 psi dan pada ukuran ampere seperti yang tertera dalam tabel ac berarti kondisi ac tersebut bagus, bila tekanan ac dibawah 60 psi dan ampere sudah menunjukkan batas maksimum pemakaian berarti ada yang salah pada motor ac.

Cukup sekian, semoga ini semua dapat berguna buat rekan - rekan semua dan ditunggu komentar komentarnya.

2 komentar


EmoticonEmoticon