TEMPERATUR GAS BUANG ABNORMAL

TEMPERATUR GAS BUANG ABNORMAL ( EXHAUST MANIFOLD MERAH MEMBARA )




Banyak orang tidak menghiraukan apabila exhaust manifold merah membara, " ah itu hal biasa aja karena terjadi pembakaran dan gas buang keluar lewat knalpot/exhaust manifold, kalau beban berat manifold akan jadi merah " namun jangan anggap sepele ketidak normalan ini, ini merupakan suatu indikasi bahwa ada yang tidak beres terjadi pada mesin tersebut.

Memang gas buang tergantung pada banyak energi yang terbakar di dalam ruang silinder, namun jika sudah berlebihan
( exhaust manifold merah membara ) suhu pendingin air jaket water, intercoller, pelumas suhunya ikut naik. Ini artinya sudah terjadi sisa pembakaran energi di luar ruang silinder yaitu di exhaust manifold. Tempat yang semestinya tidak terjadi pembakaran energi gerak, jangan salahkan kalau mesin itu boros bbm, oli mesin sering nambah, water tank radiator cepat habis.
Mengapa bisa terjadi hal seperti ini,
1. Periksa jacket water kemungkinan jaket water tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan suhu mesin dan suhu di sekitar mesin naik. Contoh: kisi - kisi radiator rusak, kotor/tersumbat, radiator bocor, selang bocor, v belt kendor dll.
2. Periksa intercoller udara, kemungkinan tidak berfungsi dengan sempurna mendinginkan udara bilas yang dipakai untuk pembakaran. Cek kondisi fisik radiator udara, apakah bocor kisi - kisi radiator kotor. Cek saluran udara apakah ada kebocoran, cek kipas, v belt, cek suhu udara sekitar mesin saat itu. Cek kondisi turbo, apakah ada kebocoran oli pada bagian pelumasan, apakah turbo sudah aus dll. Intinya udara yang digunakan untuk pembakaran panas sehingga partikel udara tidak padat, yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan terjadi sisa pembakaran di luar ruang bakar.
3. Periksa injector
Coba cabut injector dari silinder head block, kemungkinan nozzle buntu akibat kerak pembakaran sehingga menyebabkan pengabutan yang tidak sempurna.
4. Reseting gep valve
Stel jarak antara rocker arm dengan kepala valve case ( stel klep ) biasanya mesin beroperasi dalam waktu yang lama setingan klep berubah menyebabkan timing pembakaran tidak benar, yang harusnya silinder sudah harus langkah usaha tetapi masih saja kompresi jadi akhirnya terpaksa sisa bahan bakar terbakar di luar silinder ( exhaust manifold ).
5. Seandainya semua bagus coba periksa silindernya, mungkin sudah lemah ( ring piston asus, leaner piston/rumah piston dan piston aus ) kalau piston, rumah piston dan ring piston masih bagus resekir valve.


EmoticonEmoticon