LAMPU HPI - T




Lampu HPI - T adalah lampu sorot yang paling banyak digunakan pada saat ini dikarenakan hasil pencahayaanya yang terang dan mempunyai IP 65, sehingga sudah memenuhi standar penggunaan diluar ruangan.

Lampu HPI - T terbagi menjadi beberapa bagian,




1. Body lampu
Body lampu terbuat dari campuran bahan yang solid sehingga menghasilkan betuk yang proper, ringan namun memenuhi standar IP 65 yang anti air, debu dan udara lembab.

2. Bohlamp lampu
Sama seperti halnya lampu flouren yang lain lampu HPI - T juga sama saja, namun di dalam lampu HPI - T ada tambahan bahan yang membuat hasil pencahayaan lampu maksimal terangnya.

3. Fiting bohlamp
Fiting bohlamp berfungsi sebagai dudukan Bohlamp lampu HPI - T

4. Ignitor
Fungsi dari ignitor adalah untuk memanaskan elemen yang ada didalam bohlam lampu HPI - T sehingga terjadi loncatan panas antara ujung + dan - bohlamp lampu HPI - T dan lampu dapat menyala.

5. Ballast
Ballast berfungsi untuk menstabilkan tegangan, tak jauh beda dengan ballast / transformator lain di dalam elektronika yaitu untuk menaikkan tegangan atau menurunkan tegangan. Kalau dalam lampu HPI - T ballast hanya menaikkan sedikit voltase dari 220 menjadi 230 ( menurut yang pernah saya praktekkan dengan alat ukur multi tester ).

6. Capasitor
Capasitor berfungsi untuk menyimpan arus listrik sementara dan menstabilkan tegangan listrik yang keluar dari capasitor. Perlu diingat capasitor adalah hal terpenting dalam listrik yang kebanyakan digunakan dalam alat listrik yang menggunakan gulungan / lilitan kabel, misal motor atau ballast. karena selain menyimpan dan menstabilkan tegangan capasitor juga berfungsi untuk meredam daya reaktif alat listrik yang menggunakan gulungan kabel. Kelebihan lampu yang memakai capasitor adalah lampu tetap akan hidup walaupun tegangan listrik turun karena tegangan listrik distabilkan / dinaikkan oleh capasitor sebelum masuk ke Ballast.

Cara kerja lampu HPI - T

Secara tidak langsung tulisan diatas sudah sedikit menjelaskan cara kerja lampu HPI - T, namun saya akan memperjelas lagi. Pertama - tama arus listrik masuk ke capasitor dan di dalam capasitor arus di stabilkan sebelum masuk ke ballast, setelah itu ballast menstabilkan tegangan dan arus sesuai dengan spesifikasi ignitor dan bohlamp Lampu HPI - T, arus yang keluar dari ballast kemudian masuk ke ignitor dan lampu HPI - T, didalam ignitor terdapat rangkaian untuk memancing agar lampu HPI - T mau menyala dengan cara ignitor menaikkan tegangan sehingga dapat memanaskan elemen yang ada di dalam bohlamp Lampu HPI - T sehingga lampu dapat menyala.

32 komentar

Maaf ...saya masih penasaran sama ignitor.
Apa fungsinya juga penaik tegangan kontinyu atau cuma sekedar stater.trimakasih

Ignitor berfungsi sebagai penaik tegangan sama seperti stater pada lampu TL. Bila lampu sudah hidup ignitor dilepas lampu tetap akan hidup seperti lampu TL.

CONTOH . .
LAMPU HPI 2000 WATT. KL KITA PUNYA BALAST 1000 WATT 2 BH, BGM CARA MENGKONNEK BALASTNYA, PARALEL ATAU SERI

Berarti jika ignitor tidak berkerja maksimal, apakah fasa di fitting tetap stand by?

Maaf baru buka blog, menurut saya untuk lampu hpit 2000 Watt konek ballastnya paralel, jumlah lilitan dan penampang tetap sama. Jika seri jumlah lilitan akan bertambah tapi besar penampang lilitan kabel tetap sama.

Tentang ignitor menurut gambar yg ada di ignitor fasa ballastnya masuk ke ignitor dan langsung ke lampu, berarti ignitor kondisi baik atau buruk fasa tetap standby di fitting lampu.
Mungkin itu yang bisa saya uraikan kurang lebihnya saya minta maaf

Tanya Gan, saya punya lampu philips HPIT 400 watt, rangkaiannya ignitor 3 kaki, ballas/travo dan kapasitor, baru hidup sekitar 5 jam kok mati sendiri ya ? Apa rangkaian atau komponen nya yg salah ?...Mohon pencerahannya Gan 🙏🙏🙏

Maaf lampu hpi-t 400w saya tes d bawah nyala tes d outdoor nyala bentar mati begitu sterusnya tes d bawah nyala lagi masalahnya d mana ya...kapasitor jg baru d ganti teimakasih

Sy punya pampu hpit 400 watt baru nya la sebentar tiba tiba mati dan beberapa menit kemudian nyala kembali begitu seterusx kira kira apa masalahnya

Bang Klo lampu Hpi-t putih 250 wat,tiba2 agak lama cahayanya berubah sendiri kuning kemerahan, perlahan putih kembali,itu apa penyebabnya ya bang,dan bagaimana solusinya,agar stabil cahaya putih terus

Bang mikael@ kalau pengalaman saya kalau tidak mau hidup ignitor kaki tiganya yang rusak, diganti ignitornya hidup lagi.lampu hpit biasanya di travo ada thermostat bila panas akan cut off sendiri, setelah dingin akan hidup kembali tetapi ada juga travo yang tidak ada thermostatnya biasanya luknya meleleh alias gulungannya terbakar. Periksa juga kabel dan fiting jangan sampai ada yang kendor pastikan semua proper agar resistensi minim sehingga tidak terjadi pemanasan tambahan dalam penghantar.

Untuk lampu yang sering berubah warna, cek voltase input stabil atau tidak dalam keadaan lampu nyala. Pasang capasitor bila belum terpasang. Biasanya hpit kalau baru hidup seperti itu berubah warna lama kelamaan akan stabil.

Terimakasih telah berkunjung di blog saya, bila ada salah kata mohon maaf.

Bang saya mau tanya..lampu hpit 400 merek Philips saya pasang terus hidup tetapi terjadi konsleting di kabel induk yg terpasang bola spiral biasa 25 Watt kemudian lampu HPIt 400 Watt saya mati...tidak mau hidup lagi
Apakah bohlam HPIt 400 rentan putus atau sangat sensitif BG?
Terima kasih

Bang riyuga, pengalaman saya bohlam lampu hpit sering putus dikarenakan tegangan kerja naik melebihi standar kerja ( 240 volt ) jika konsleting menyebabkan tegangan kerja berubah kemungkinan terjadi bohlam lampu mati. Coba cek dulu keadaan fisik ignitor apakah transistor kaki 3 retak atau yg lainnya ada perubahan fisik cek juga semua instalasi kabel apakah sudah sesuai wiring diagram yg ada di ignitor jika tidak ada kemungkinan bohlam lampu yg putus.terimakasih kurang lebihnya mohon maaf

Gan sy agak kebingungan untuk ngetes lampu hpit masih nyala atau mati pakai tester ,gimana langkahnya ya

Dikapal saya pake visalux 250 w, jika di on lampu nyala sebentar trus saklar turun saya coba naikan saklar bola lampu nyala beberapa detik bola lampu putus, dalamnya ada retak, kira2 kerusakanya dimn yaa

Mau tanya ini gan, bisa atau tidak bila lampu hpi-t balas nya bhl namun ignitor nya sn58 kaki tiga,makasih

Mau tanya ini gan, bisa atau tidak bila lampu hpi-t balas nya bhl namun ignitor nya sn58 kaki tiga,makasih

Pak mohon izin bertanya, lampu saya 1000 watt 2 kapasitor 1 ignitor 1 ballast. Nyala nya lama setelah nyala beberapa detik mati sendiri begitu seterusnya. Mohon pencerahan nya pak ? Terimakasih banyak

Sy punya lampu fishing 1500wat dan menggunakan trafo 400wat 4bh tp saat dinyalakan tdk lama mati sendiri, bgmn solusinya agar tdk mati sendiri bila panas?

Punten, numpang coment dikit
Berdasarkan pengalaman saya, lampu HPI-T bisa nyala tanpa ignitor, tetapi hanya beberapa detik / beberapa menit saja, jika dilepas saat lampu sudah menyala, lampu akan mati juga, jika temperatur lampu sudah turun, maka akan nyala lagi, jika sudah panas akan mati lagi ( ignitor bukan sebagai starter, ), untuk lampu jenis HPI-T wajib menggunakan ignitor, karena lampu ini memiliki tingkat panas yang lebih tinggi dibandingkan mercury, saat lampu semakin terang, maka akan membutuhkan tegangan yang lebih tinggi, maka ditopanglah oleh ignitor tersebut.

Lampu hps son 70 Watt tanpa ignitor bisa nyala Nggak ya gan

Bang saya punya lampu HPIt 400 watt tapi pada saat saya nyalakan ampere yang dikeluarkan skitar 4 ampere( dilihat di meteran prabayar) kok bisa kayak itu ya bang bukannya 4 ampere itu stara 800 watt..bisa dijelaskan apa yang salahnya bang?

Bosku....Kenapa lampu hpit yg 400 wattsusah nyalanya alias lemot dan kl sy pasang kapasitor langsung bolamnya putus gosong apakah ada ada yg kebalik pemasanganya trmksh

Assalamualaikum wr.wb. bang apakah lampu hpit 450watt pantas di pakai buat hajatan, ukuran tenda 6×12 & Selebihnya...???

Trims...ulasannyaa....baang

Ndor.Bagai mana Cara mengecek ignitor bagus atau tidak ny

Maaf bas,apa bisa ballsat 400watt bisa dipakai di bohlam 250watt?

Lampu hpit apa wajib pakai capasitor mas.?soalnya saya coba rakit baru,ballast,ignitor dan bohlamp baru,tpi gak mau nyala.tpi knp yg lain tanpa capasitor bisa nyala.?

Fungsi capasitor untuk meredam daya reaktif ballast bang, tidak pakai capasitor tidak masalah.

Harusnya bisa bang karena daya ballast sudah melebihi kebutuhan daya lampu.

Apakah lampu HPITE 400w bisa tanpa ignitor

Maaf pemula.mintq infonya.apakah lampu HPITE tanpa ignitor bisa menyala

Bang...kenapa ya lampu hpit buny ktetek-kteteki,dan lampu berwarna merah stelah itu mengeluarkan asap dan api, penyebabnya apa ya bang?


EmoticonEmoticon