BARCUTTER TAKEDA HIRANO




Barcutter takeda hirano adalah alat pemotong besi yang berasal dari negeri tirai bambu jepang. Barcutter takeda hirano ada bermacam macam tipe, kebetulan yang ada di gambar adalah type BC 42 dan sudah dimodifikasi agar memenuhi standart lotto sistem, BC 42 artinya kekuatan maksimalnya adalah memotong besi 42 mm.

Saya akan jelaskan sistem kerja dari barcutter takeda hirano ini. Di dalam unit barcutter ada sebuah motor listrik berkapasitas 2.2 kw, yang menggerakkan roda gila atau fly wheel sehingga menghasilkan putaran yang stabil dan kuat untuk menggerakkan pisau barcutter dan memotong besi sesuai dengan kapasitas yang telah ditentukan.

Masalah yang sering terjadi saat pemakaian barcutter adalah,
- mounting / dudukan pisau oblak ( berubah secara fisik ).
Kerusakan seperti ini disebabkan baut mata pisau kendor dan pemotongan besi yang melebihi dari kekuatan barcutter.

- crank shaft, crank shaft bearing, smoth slide terluka / cacat.
Kerusakan ini biasanya terjadi karena pemberian oli / pelumas terlambat, oil cup tidak ada kain peresapan / filter dan pemotongan besi melebihi kekuatan mesin.

Sebenarnya barcutter itu alat yang sederhana, tapi kalau sudah rusak susah bongkarnya apalagi kalau sendiri. Ini ada beberapa gambar bagian dari barcutter,

 

Isinya hanya rangkaian roda - roda gigi, lumayan berat. Ada satu bagian yang susah melepasnya, yaitu crankshaft. Apalagi kalau udah macet ampun deh 😬. Tapi itu dulu, karena waktu itu dilapangan terjadi masalahnya dan gak ada alat bantu sama sekali, yang ada cuma palu godem dan balok kayu.

Sekarang karena dah seringnya bongkar kita buat alat bantu buat ngeluarin crankshaft barcutter yang sangat efisien walaupun kondisi barcutter dalam keadaan macet.

 


Kita buat dudukan kotak dari besi untuk dudukan inerpack atau dongkrak. Tapi ini tidak kotak utuh, karena bagian depan buat jalan crankshaft keluar.


Nah penampakannya seperti itu, pada bagian depan ditambahkan klem F atau buatkan kunci tambahan agar dudukan tidak mekar. Pekerjaan yang biasanya selesai 1 atau 2 hari, dengan alat bantu ini bongkar barcutter hanya butuh waktu setenggah hari dan sudah dicuci dan hanya butuh 2 orang buat mengerjakannya. Sebenarnya sendiri juga bisa karena kita tidak mengeluarkan tenaga yang banyak karena semuanya sudah pakai alat bantu. 

Mungkin dari rekan - rekan ada masukan buat admin dipersilahkan, kami tunggu komentar - komentarnya.



7 komentar

Kenapa ya mas barkater di proyek roda gilanya kadang bisa kadang macet??

Biasanya Shaft dalamnya mulai aus bang, penyebab awal terjadi biasanya telat pemberian oli pelumas. Yang kedua over load. Kl bearing jarang rusak

penyebab barcutter motong sendira apa ya bang....?

Biasanya pelatuk sama dudukan handle star stopnya sudah tidak presisi ( aus ) sehingga sering lepas dan motong sendiri.

Kalau barcatter pisaunya nga mau turum ma tapi mesin bunyi

ada vidio mas cara bongkar pelatuknya mas


EmoticonEmoticon